Masih Kecil Sudah Kecanduan Gadget

Salam ibu mayke, anak saya (3), sudah termasuk kecanduan gadget. Mulai bangun tidur sampai mau tidur pun masih menanyakan gadget-nya. Setiap sabtu-minggu saya ajak keluar, seperti ke tempat bermain, tapi ngotot mau bawa smartphone-nya. Saya khawatir dengan perkembangan ke depannya. Kalau saya umpetin, dia sampai menangis minta gadgetnya tersebut.

Baca juga : toefl ibt jakarta

Sebetulnya sejak awal saya kurang setuju anak saya pegang smartphone bekas bapaknya. Tapi suami ngotot, katanya enggak apa-apa, toh enggak bisa akses ke internet karena sudah diblock. Tapi di dalamnya banyak permainan game. Ada perasaan kasihan, namun saya juga takut dengan perkembang annya nanti. Mohon solusi dari ibu mayke. Terima kasih. Dinni dien – surabaya.

Mumpung usianya masih 3 tahun, kecanduan gadget bisa segera ditangani, karena Ibu lebih mudah mengendalikannya. Mau tidak mau kegiatan sehari-hari perlu diisi dengan aktivitas yang menguras energinya, bermain dengan teman-teman tetangga seperti berlari-lari, main bola, tepuk balon, naik sepeda, layang-layang, atau main di taman yang dilengkapi permainan outdoor. Di rumah, bisa diajak berlomba memasukkan bola sebanyak mungkin ke dalam keranjang, bergerak sesuai aba-aba Ibu, melompat dari atas tumpukan bantal, bermain pura-pura seperti perang-perangan, perbengkelan; bermain cat air, play dough, puzzle, dan lain-lain.

Apabila anak dibiasakan melakukan kegiatan bermain non-gadget, lama kelamaan dia dapat dialihkan dari gadget. Syarat lain, jangan sampai ayah dan ibunya sepanjang hari menggunakan gadget, sebab akan membuat anak kecanduan lagi. Setelah anak terbiasa bermain nongadget selama 2 sampai 3 bulan, izinkan kembali bermain gadget tapi batasi sehari maksimum 1 jam, dengan permainan yang diseleksi terlebih dahulu sesuai usianya. Selain itu, ketegasan orangtua dalam mengatur jadwal ke giatan anak sangat penting.

Dengan demikian, anak tetap mendapat kesempatan mengenal teknologi tinggi yang berawal dari gadget tapi dengan porsi sesuai. Ketika usia anak bertambah, sebaiknya selalu waspada akan informasi dan permainan yang bisa dia akses melalui gadgetnya. Dampingi dan temani anak saat bermain gadget, sehingga anak merasa senang, dan orangtua tetap dapat mengontrol anak. Salam kembali untuk Ibu ‘inni.

Sumber : https://pascal-edu.com/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *