Rajin Bergerak Tingkatkan Kecerdasan Anak

Berat badan dan aktivitas fi sik ternyata dapat berpengaruh terhadap kemampuan kognitif anak, demikian menurut studi yang dimuat di jurnal Pediatric Exercise Science. Anak-anak yang memiliki badan proporsional dengan Indeks Massa Tubuh yang sehat dan aktivitas fisik yang baik, cenderung meraih nilai lebih baik pada tes kognitif dibandingkan teman-temannya yang memiliki badan proporsional namun tidak aktif bergerak, atau yang punya berat badan berlebih dan tidak aktif bergerak.

Baca juga : Beasiswa s2 Jerman

“Perbedaannya terletak pada aktivitas yang dijalani anak, bahkan di antara anak-anak yang memiliki berat badan normal. Penelitian ini menegaskan, aktivitas fisik memang berpengaruh pada fungsi otak,” kata Dr. Catherine Davis, clinical health psychologist dari Georgia Prevention Institute, Georgia Regents University. Kabar baiknya lagi, dengan bantuan orangtua dan sekolah, anak bisa menjalani pola hidup yang lebih sehat sekaligus menurunkan berat badannya.

Pelihara Reptil Juga Bisa Memicu Alergi

Binatang jenis reptil banyak dipilih sebagai peliharaan oleh orangtua dan anak yang menderita alergi, karena binatang ini tak memiliki bulu, seperti halnya anjing, kucing, atau marmut. Namun, peneliti dari Messerli Research Institute mengimbau para orangtua untuk tetap waspada saat memelihara reptil, karena risiko kambuhnya alergi pada anak tetap bisa terjadi. “Pemicu alergi bukan berasal dari hewannya, melainkan dari makanan hewan itu.

Dalam kasus anak berusia 8 tahun yang mengalami serangan alergi parah akibat memelihara sejenis kadal, misalnya, yang menjadi pemicu adalah belalang yang diberikan sebagai makanan kadal, yang ternyata merupakan sumber alergi,” kata Prof. Erika Jensen-Jarolim, MD, ahli imunologi sekaligus salah satu peneliti. Menurutnya, keberadaan belalang sebagai sumber alergi yang potensial ini sering kurang diketahui banyak orang, termasuk para peneliti. Bahkan, efek alergi ini bisa menetap hingga bertahun-tahun. Untuk itu, Jensen-Jarolim merekomendasikan penyimpanan makanan reptil di luar rumah. Selain itu, hindari menyimpan reptil di ruang tamu, karena belalang yang tidak tercerna dengan baik bisa dikeluarkan lagi dari tubuh reptil dalam bentuk kotoran.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *