Penyebab Infeksi Torch Bag2

# HIV HIV (human immunodefi ciency virus) adalah virus yang menyebabkan penyakit AIDS. Belum ditemukan pengobatan yang dapat menghilangkan HIV.

Baca juga : Tes Toefl Jakarta

CEGAH DENGAN VAKSINASI

Pencegahan mutlak dilakukan 3—6 bulan sebelum hamil dengan vaksinasi MMR atau rubela saja. Sementara vaksinasi varicella untuk mengurangi kemungkinan keaktifan herpes. Sebaiknya vaksin diberikan tidak bersamaan, tetapi selang satu bulan. Kemudian, dilanjutkan dengan pemeriksaan IgM dan IgG satu bulan setelah vaksinasi terakhir. Jika hasil IgG positif, menunjukkan adanya kekebalan tubuh. Jika IgM positif, berarti penderita telah terkena infeksi (tetapi bukan karena vaksinasi). Infeksinya harus diobati terlebih dahulu hingga hasil IgM negatif baru boleh hamil. Bila telah terjadi kehamilan, maka IgM dan IgG harus secepatnya diperiksa.

HAL PENTING LAIN

Selain dengan vaksinasi, masih ada beberapa hal lagi yang penting dilakukan untuk men cegah terinfeksi TORCH.

? Masak daging hingga benar-benar matang sebelum dikonsumi. ? Cuci bersih sayuran/buah sebelum dima kan. ? Kucing peliharaan agar diberi makan daging matang untuk mencegah infeksi yang masuk ke dalam tubuhnya. Tempat makan, minum, dan alas tidurnya harus selalu dicuci/dibersihkan. Gunakan sarung tangan sekali pakai untuk membersihkan kotoran kucing. ? Bagi mamil, terutama yang di nyatakan secara serologis sudah negatif, jangan memelihara atau memegang kucing kecuali dengan menggunakan sarung tangan. ? Bagi yang senang berkebun atau bekerja di kebun, gunakan sarung tangan. ? Bila sedang memegang daging, bekerja di tempat atau perusahaan daging atau organ yang masih mentah, hindari menyentuh mata, mulut, dan hidung. ? Peralatan dapur, usai digunakan agar dicuci dengan sabun dan dibilas di bawah aliran air. ? Periksa hewan peliharaan secara kontinu ke dokter/poliklinik hewan agar selalu dalam keadaan sehat. ? Hindari kontak dengan hewan yang berkemungkinan sebagai perantara TORCH, seperti: tikus, bajing, musang, cecak, kadal, dan bengkarung. ? Berantas lalat dan kecoak dengan menggunakan desinfektan.

Sumber : pascal-edu.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *