Nasi Goreng Terasi ala Cafe Instagramable di Jakarta

Nasi Goreng Terasi ala Cafe Instagramable di Jakarta

Bahan Ayam: 750 gr nasi putih 2 btr telur 1 btg daun bawang, potong-potong 1 1/2 sdt garam 1/2 sdt gula pasir 1/4 sdt merica bubuk 3 sdm minyak goreng Bumbu Halus: 2 sdt terasi, bakar 8 bh cabai merah 6 bh bawang merah 3 bh cabai rawit merah 4 siung bawang putih

Cara Membuat Nasi Goreng Terasi Untuk 3 porsi : 1. Tumis bumbu halus dan daun bawang sampai harum. Sisihkan di sisi wajan. Tambahkan telur. Aduk sampai berbutir. 2. Tambahkan nasi dan kecap manis. Aduk rata. 3. Tambahkan garam, gula, dan merica bubuk. Aduk rata. Angkat.

Super Pedas Ceker Ranjau

Bagi penggemar makanan serba pedas, ada satu kedai yang patut dikunjung bila sedang melintasi kawasan Jalan Raya Cibinong, Kabupaten Bogor. Di sini terdapat kedai Ceker Ranjau Cetar, yang menyajikan segala jenis sajian super pedas! Dari ceker, tulang dada ayam, ayam potong (dada, paha bawah, paha atas, sayap, kepala), hati ampela, tahu, dan tempe. Menurut Ayu, yang merupakan anak pemilik kedai, menu yang selalu dipesan pengunjung adalah ceker ranjau pedas. “Menu ini isinya ceker dan tulang dada ayam. Yang dimaksud ranjau itu tulang dada,” papar Ayu.

Ketika pelayan menyajikan menu pedas ini di atas meja, aroma sajian nan gurih langsung menggelitik hidung. Rasanya tak sabar ingin segera menyantapnya. Warna kuahnya tampak oranye kemerahan, yang sungguh menggugah selera, hingga membuat perut tiba-tiba kosong seketika. Ketika dinikmati, cita rasa kuahnnya mirip gulai. Dimulai dari suapan pertama, kuah yang dibuat dari kaldu ayam campur dengan cabai ini dapat langsung bikin ketagihan.

“Banyak yang mengira racikannya menggunakan santan, padahal hanya kaldu ayam dan cabai yang dimasak hingga kental. Tak lupa, kami tambahkan bumbu bawang merah dan serai, yang bikin kuahnya makin beraroma dan nikmat,” papar Ayu lagi. Sebagai pionir pembuat ceker super pedas, kedai ini sudah mulai berjualan sejak 2012, dan kini sudah memiliki 3 cabang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *