Kapan terlihat fenomena membludaknya anggota dan postingan?

Angka yang mulai fenomenal adalah ketika anggota baru seharinya bisa mencapai rata-rata 6000 orang sehari. Saat itu saya dan teman-teman sudah tidak bisa lagi melakukan “approve” keanggotaan baru dengan mode “at all” alias glondongan. Bayangkan saja, sekarang kita harus approve satu-satu anggota yang ingin masuk group. Mau nggak mau kita “hire” orang khusus untuk approval ini.

Baca juga : Net89

Sebagai sebuah group yang sedang happening dan meraksasa, kira-kira bakal di-monetize nggak?

Yup, kepikiran sih. Kaya kemaren kita bikinin T-shirt-nya untuk menandai pencapaian tertentu. Rencananya kita juga mau bikinin buku berisi “behind the scene” komunitas ini. Mumpung sedang naik daun. Tapi nggak boleh terlalu terburu-buru juga. Kualitas tetap harus dijaga. Beberapa agency yang sedang mencari wadah untuk bekerja sama dalam hal brand placement juga datang kepada saya. Saya pikir ya ayuk aja, kita lihat dulu apakah ada yang bisa dikerjakan bersama.

Bagaimana tanggapan Mas Nicko atas member yang memanfaatkan forum sebagai tempat untuk mencari keuntungan tertentu?

Saya rasa para member paham mana yang member yang oportunis. Untuk aktivitas komersil, member juga sebagian tahu mana yang berasal dari administrator atau orang oportunis. Memang ada yang sampai jualan barang yang benar-benar di luar konteks misi group. Kalau benar-benar generasi 80- an dan 90-an yang lahir tahun 60-an dan 70-an, umumnya pasti sudah dewasa dan bisa membedakan mana yang mengutamakan kepentingan anggota mana yang tidak.

Ini group yang anggotanya sudah cukup dewasa untuk bisa membedakan mana yang hanya mengutamakan kepentingan individual atau bukan. Kalau tidak bisa, ya berarti mereka ini “anak baru” yang tidak hidup di era tersebut dan hanya ingin cari keuntungan. Dalam hal ini “manner” atau tatakrama harus sangat diperhatikan. Tapi, overall, nggak banyak kok populasi orang yang oportunis seperti itu di group ini. Kalaupun ada yang memaksa “out of topic”, pasti mereka akan disorakin oleh member lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *