Modal Jempol Dan Akun Anonim

Media sosial selalu hangat dengan berita entah dari mana dan tanpa didu ga-duga. Ketika tiba-tiba muncul isu bahaya laten komunisme awal Novem ber lalu, beredar gambar wajah Kepala Kepolisian RI Jenderal Tito Karnavian bersanding dengan wajah Ketua Partai Komunis Indonesia Dipa Nusantara Aidit. Polisi menganggap gambar itu bisa disalahpahami orang banyak dan menghasilkan kesimpulan bahwa Jenderal Tito dan Aidit punya hubungan.

Polisi pun menelusuri pembuat dan penyebar pertama gambar tersebut. Memakai perangkat lunak untuk forensik digital, tim penyelidik media siber Kepolisian Daerah Jakarta menelusuri jejak maya peredaran gambar tersebut. ”Modal pembuatnya hanya telepon seluler dan Facebook,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Raden Argo Yuwono, Rabu pekan lalu.

Penelusuran itu berujung di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II-A Pemuda Kota Tangerang. Polisi mensinyalir pembuat dan pengedar gambar Tito dan Aidit itu salah satu penghuni penjara tersebut. Namanya Muhammad Rahim Nasution. Ia dibui karena ditangkap polisi menyalahgunakan narkotik pada 2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *