Modal Jempol Dan Akun Anonim Bagian 3

Bersembunyi di balik nama palsu, penulis akun ini kerap mengkritik pemerintah. Polisi menangkap Raden Nuh, salah satu penulis akun tersebut, pada Oktober 2014 setelah ada orang yang melapor telah diperas Nuh dan kawan-kawan untuk sebuah perkara. Pengadilan menghukum Nuh dan dua temannya lima tahun bui.

Argo mengatakan cara kerja akun anonim sudah berkembang, tak lagi memakai cara-cara Raden Nuh memanfaatkan Twitter. Kendati bersembunyi, Nuh beberapa kali memberikan wawancara kepada media. Saat ini, menurut Argo, orang di balik akun anonim menggunakan akun robot untuk menyebarkan berita-berita palsu dan hoax, ”Sehingga jejak mereka di media sosial semakin kabur.” Polanya begini: akun anonim melemparkan sebuah isu, yang kemudian disebarkan akun robot hingga populer.

Popularitas sebuah isu melalui tanda pagar itu memunculkan kesan bahwa isu tersebut sedang ramai dibicarakan. Jika sudah banyak akun nyata termakan, akun anonim akan kembali menggoreng isu tersebut. Seorang pemula pun bisa dengan mudah memanfaatkan akun robot karena penyedianya marak di Internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *