Modal Jempol Dan Akun Anonim Bagian 2

Meski dilarang, di penjara-penjara Indonesia, narapidana secara sembunyi-sembunyi memakai telepon seluler dan mengakses Internet. Direktur Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Komisaris Besar Wahyu Hadiningrat mengatakan motif Rahim menyebarkan gambar itu adalah ketidaksukaannya kepada pemerintah dan polisi.

Dari pelacakan polisi, bukan kali itu saja Rahim menyebarkan hoax, berita yang di pelintir untuk memprovokasi. Dinding Facebooknya penuh dengan tautan berita atau potongan gambar yang menebarkan kebencian. Kasus Rahim hanya bagian kecil dari lautan informasi palsu yang menyebar di media sosial. Sepanjang Januari-November 2016, polisi Jakarta menerima 1.194 aduan masyarakat tentang hoax, berita palsu, dan pencemaran nama lewat media sosial.

Dari angka itu, 717 kasus sudah diselesaikan. Argo mengatakan tak mudah mengusut pembuat serta penyebar hoax dan berita palsu di media sosial. Soalnya, para pelaku bersembunyi di balik akun tanpa nama dan tak jelas identitasnya. ”Anonim agar sulit dilacak,” ujar Argo. Salah satu kasus yang sempat heboh adalah cuit-cuit di Twitter milik @triomacan2000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *