cara memilih kantor untuk pegawai

Hal Hal Penting Sebelum Menyewa Kantor Bagian Ke Dua

Lalu berapakah biaya yang harus dikeluarkan untuk menyewa kantor di Jakarta?

Lanjut ke artikel selanjutnya pertanyaan ini akan diklasifikasikan menurut wilayahnya. Namun dapat diketahui rata-rata harga sewa ruko atau rukan 2-3 lantai berkisar di angka 100-200 juta per tahun.

Harga tersebut akan lebih murah jika berada di daerah tidak padat keramaian, kampus/sekolah, namun juga akan menjadi lebih tinggi jika berada di daerah pusat keramaian.

Berbeda dengan ruko/rukan, biaya sewa kantor di wilayah SCBD atau Thamrin ataupun di Mall, hitungan sewa adalah per m2. Perhitungan biayanya kembali tergantung dari grade gedung perkantorannya.

Untuk gedung perkantoran grade premium, rata-rata biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp. 250.000 per m2. Gedung kategori grade A Rp.229.000 per m2, gedung grade B Rp 219.000 per. Sementara harga sewa di grade C adalah Rp 200 ribu per m2.

Sedangkan di daerah pergudangan dan industri, harga sewa ditentukan oleh luasnya area gudang. Gudang sendiripun ada yang terpisah dengan bangunan kantor, sehingga harus menyewa dua bangunan. Bangunan kantor sekaligus gudang di Jakarta dapat disewa di kisaran harga Rp. 850 juta hingga Rp. 2 M per tahun.

Baca Juga: Hal-Hal Penting Sebelum Menyewa Ruangan Kantor

Harga yang cukup fantastis untuk menyewa sebuah bangunan. Namun besarnya biaya ini tentu harus seimbang dengan kegiatan usaha yang dilakukan dan luas area yang dibutuhkan. Jadi, untuk menentukan tempat sewa kantor yang berkualitas di Jakarta juga harus mempertimbangkan beberapa hal berikut ini, diantaranya:

  • Berapa banyak karyawan?
  • Berapa luas ruang kantor yang dibutuhkan?
  • Seberapa sering membutuhkan ruang kantor?
  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan ruang kantor tersebut?
  • Fasilitas apa saja yang akan dibutuhkan?
  • Berapa banyak anggaran yang bisa dikeluarkan selama 1 tahun kedepan?

Banyak pelaku usaha yang kadangkala mengindahkan biaya sewa karena ingin memiliki kantor dengan harga sewa tinggi namun tidak cukup memperhatikan kegiatan bisnis yang dilakukan dan modal yang dimiliki, sehingga tidak jarang yang berpindah pindah kantor.

Hal ini cukup mengganggu kinerja perusahaan itu sendiri. Karena dengan berpindahnya kantor mengakibatkan akan terjadi perpindahan alamat kantor, no telpon kantor, yang mengakibatkan terhambatnya kegiatan bisnis dan juga akan memperlihatkan ketidaksiapan sebuah perusahaan dalam perencanaan yang mengakibatkan rusaknya citra perusahaan tersebut dimata rekan bisnis maupun klien. Ini merupakan kerugian besar.

Sebagai kesimpulan, menentukan tempat sewa kantor yang berkualitas di Jakarta bukanlah hal yang mudah. Keputusan menentukan tempat sewa kantor yang berkualitas di Jakarta harus menggunakan strategi yang komprehensif dan matang karena membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan akan menentukan citra perusahaan kedepannya.

Memutuskan tempat sewa kantor yang berkualitas di Jakarta atau kota besar lainnya adalah sebuah masalah dan tantangan yang harus diputuskan.

Luangkan waktu untuk mempertimbangkan, apa saja yang dibutuhkan, bagaimana regulasinya, dan yang paling penting telaah terlebih dahulu opsi ruang kantor yang cocok bagi perusahaan Anda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *